Serba-Serbi: Durian Matahari – Asli Indonesia Tandingan Monthong Thailand

Apakah anda termasuk pecinta buah durian? Apakah ke mana saja bepergian, anda selalu mencari buah durian? Jika salah satu jawaban dari dua pertanyaan tersebut adalah “YA,” maka posting ini untuk anda.

Pecinta buah durian pasti sudah kenal dengan durian Monthong dari Thailand. Salah satu cirinya daging buahnya tebal dan bijinya kecil atau tidak berkembang (jw: kisut).

Tetapi di Jawa Barat, terutama di daerah Sukabumi, telah dikembangkan durian lokal yang dikenal dengan nama durian Matahari. Buah durian Matahari mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan durian Monthong. Daging buahnya legit dan manis, tetapi tidak terlalu manis. Warna daging buah kekuningan dan buah berisi penuh. Setiap buah (yang berkembang normal) mempunyai lima juring, dengan masing-masing juring terdiri atas 6-7 butir biji.

Daging buahnya relatif tebal, lebih tebal jika dibandingkan dengan durian lokal lainnya. Biji berukuran sedang sehingga rasio daging buah dengan bijinya relatif tinggi (i.e. banyak daging buah yang dapat dimakan dibandingkan durian lokal).

Aroma daging buah durian Matahari lebih kuat dibandingkan durian Monthong sehingga bagi pecinta durian akan sangat memuaskan. Karena buah durian matahari diproduksi lokal, buahnya dipanen pada periode kemasakan yang pas sehingga kualitas rasa daging buahnya lebih bagus dibandingkan buah durian Monthong yang diimpor dari Thailand.

Bagi durian lover yang ingin merasakan enaknya buah durian Matahari, tidak mudah menemukan buah ini di pasaran karena produksinya belum banyak. Salah satu daerah pengembangan durian Matahari adalah di Sukabumi. Namun demikian, mencari penjual buah durian Matahari diantara kios-kios penjual buah durian lokal tidaklah mudah karena masih terbatas produksi buahnya. Oleh karena itu, jika kebetulan ada di sekitaran Sukabumi dan sedang musim durian, silakan tanyakan ke penjual durian lokal apakah mereka punya stok durian Matahari? Jika ada, jangan beli durian lokal meski lebih murah tetapi pilihlah durian Matahari.

Jika kebetulan durian lover sedang ada di daerah Bogor, dan sedang berlibur di sekitaran Curug Nangka, Bogor – ada salah satu pedagang durian yang menyediakan dan menjual Durian Matahari dari Sukabumi. Lokasi tempat mangkal pedagang durian tersebut berada sekitar 50-100 m sebelum pertigaan curug Nangka. Jika berkendaraan dari arah Bogor lewat Muara menuju curug Nangka, posisinya ada di sebelah kanan jalan, bersebelahan dengan warung makan Sate Kambing.

Penasaran dengan aroma dan rasa durian Matahari? Silakan cari dan coba sendiri durian Matahari jika berkesempatan ke Sukabumi atau Curug Nangka, Bogor.

Tampilan buah durian lokal durian Matahari - legit dan dengan aroma durian yang kuat. Kualitas buah durian Matahari pasti memuaskan selera durian lover

Lokasi salah satu pedagang durian Matahari di daerah Curug Nangka, Bogor, Jawa Barat

adminstaimi
Author: adminstaimi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *