Mahasiswa KKN Staimi Jakarta Sosialisasi Pendampingan Proses Produk Halal dan Literasi Ekonomi Syariah di Lingkup Yayasan SABS, Jakarta Timur

Dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun akademik 2023/2024, empat mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (Prodi EKS), Sekolah Tinggi Agama Islam Minhaajurroosyidiin (STAIMI) Jakarta telah melaksanakan kegiatan sosialisasi pendampingan proses produk halal dan literasi Ekonomi Syariah. Kegiatan KKN dilaksanakan sejak bulan Januari hingga Februari 2024 di lingkup Yayasan SABS dan stake holder terkait di Yayasan SABS, Jakarta Timur.

Empat mahasiswa angkatan 4 dari Prodi EKS, STAIMI Jakarta yang terlibat dalam kegiatan KKN di lingkup Yayasan SABS, Jakarta Timur terdiri atas Nensa Rahma Apriliani, Nuryana, Siti Nurhasanah, dan Unzila Eka Safitri. Empat mahasiswa STAIMI Jakarta tersebut melakukan sosialisasi pendampingan proses produk halal dan Literasi Ekonomi Syariah di kalangan pemangku kepentingan yang ada di Yayasan SABS, Sekolan Boarding (Boarding school) SABS yang dikelola oleh yayasan, dan ibu rumah tangga di sekitar lokasi Sekolan Boarding (Boarding school) SABS. Pelaksanaan KKN oleh kelompok mahasiswa di lingkup Yayasan SABS, Jakarta Timur tersebut dibimbing langsung oleh Isman Pepadri S.E., M.M., Dr.Sarji, S.H., S.Pd., M.Pd. dan Sri Hastuti, S.Mn., M.M.

Dalam bagian kegiatan KKN yang pertama, telah dilakukan sosialisasi perencanaan keuangan remaja dan sosialisasi perbankan Syariah di hadapan siswa-siswi SMA boarding SABS dan di depan remaja usia produktif di masjid Khalid bin Walid, Pangkalan Jati, Jakarta Timur dengan tujuan meningkatkan literasi keuangan di kalangan remaja (siswa-siswi SMA dan mahasiswa). Sosialisasi perencanaan keuangan remaja telah dilaksanakan tanggal 15 dan 17 Januari 2024. Sedangkan, kegiatan sosialisasi perbankan syariah dilaksanakan tanggal 25 Januari 2024. Acara sosialisasi melalui pemaparan materi tentang perencanaan keuangan remaja, diselingi dengan tanya jawab berhadiah doorprize serta evaluasi melalui kuis dengan aplikasi Quizizz.com.

Foto bersama selesai kegiatan sosialisasi tentang perencanaan keuangan remaja dalam kegiatan KKN mahasiswa Prodi EKS, STAIMI Jakarta dengan peserta siswa-siswi SMA SABS, Jakarta Timur

Kegiatan sosialisasi yang kedua dilakukan di hadapan stake holder ibu rumah tangga yang bertempat tinggal di sekitar SMA Boarding SABS. Topik sosialisasi terdiri atas  perencanaan keuangan keluarga dan sosialisasi perbankan Syariah dengan tujuan meningkatkan literasi keuangan di kalangan ibu rumah tangga serta meningkatkan pengetauan dan pemahaman tentang hakikat dan kinerja bank Syariah. Sosialisasi perencanaan keuangan keluarga dilaksanakan tanggal 31 januari 2024 dengan jumlah partisipan sebanyak 40 orang.

 

Dalam kegiatan sosialisasi perencanaan keuangan keluarga, juga dihadiri oleh Isman Pepadri S.E., M.M..(Dosen Pembimbing KKN) dan oleh Aselina E. Trihastuti, S.I.Kom., M.M sebagai kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), STAIMI Jakarta. Dalam pesannya kepada peserta sosialisasi, Aselina E. Trihastuti, S.I.Kom., M.M. berharap dengan materi perencanaan keuangan bagi ibu rumah tangga yang telah disosialisasikan membuat ibu rumah tangga menjadi lebih mampu dalam merencanakan dan mengelola keuangan keluarganya

Foto bersama selesai kegiatan sosialisasi tentang perencanaan keuangan keluarga dalam kegiatan KKN mahasiswa Prodi EKS, STAIMI Jakarta dengan peserta ibu rumah tangga di lokasi SMA SABS, Jakarta Timur

Kegiatan sosialisasi yang ketiga dilakukan di hadapan pelaku UMKM yang ada di sekitar Yayasan SABS, yaitu melakukan pendampingan proses produk halal dengan sasaran memperoleh sertifikasi halal dalam kegiatan UMKM. Mahasiswa pelaksana KKN membantu pembuatan Nomor Induk Berusaha untuk pelaku UMKM dan memdampingi dalam pendaftaran sertifikasi halal. Kegiatan pendampingan proses produk halal di laksanakan tanggal 1-4 februari 2024.

 

Kegiatan KKN ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals no. 1 (SDG1) – Tanpa kemiskinan (No Poverty), SDG8. Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (Decent Work and Economic Growth) dan SDG4. Pendidikan berkualitas (Quality Education) melalui pengenalan terhadap perencanaan keuangan bagi remaja dan keluarga, pengenalan perbankan syariah, dan pendampingan proses produk halal kepada siswa-siswi SMA SABS, ibu rumah tangga dan pelaku UMKM di lingkup Yayasan SABS, Jakarta Timur.

admin
Author: admin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *