Mahasiswa KKN Staimi Jakarta Sosialisasi Literasi Ekonomi Syariah di desa Pabuaran, Cibinong, Jawa Barat

Dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun akademik 2023/2024, empat mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (Prodi EKS), Sekolah Tinggi Agama Islam Minhaajurroosyidiin (STAIMI) Jakarta telah melaksanakan kegiatan sosialisasi literasi ekonomi syariah. Kegiatan KKN dilaksanakan sejak bulan Januari hingga Februari 2024 di desa Pabuaran, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

Empat mahasiswa angkatan 4 dari Prodi EKS, STAIMI Jakarta yang terlibat dalam kegiatan KKN di desa Pabuaran terdiri atas Agung Nugroho, Dhia Khansa, Faras Jihan dan Khoirul Munawir Ridho. Empat mahasiswa STAIMI Jakarta tersebut melakukan sosialisasi literasi ekonomi syariah di kalangan pemangku kepentingan yang ada di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Huffadz dan Sekolan Boarding (Boarding school) yang ada di lokasi Ponpes Darul Huffadz. Pelaksanaan KKN oleh kelompok mahasiswa di desa Pabuaran, Cibinong, Kabupaten Bogor tersebut dibimbing langsung oleh Isman Pepadri S.E., M.M.

Kegiatan sosialisasi yang pertama dilakukan di hadapan siswa-siswi SMA boarding Darul Huffadz kelas X – XII melalui seminar tentang investasi syariah (SUKUK Syariah) dengan tujuan memberikan pemahaman dasar tentang konsep investasi syariah dan mengembangkan keterampilan finansial untuk masa depan. Dalam kegiatan ini telah dikenalkan tentang produk-produk dan layanan investasi syariah yang tersedia di Indonesia, dan disosialisasikan tentang pemahaman transaksi yang dilarang dalam Islam. Kegiatan seminar investasi syariah dilakukan hari Jum’at, tanggal 19 Januari 2024

Foto bersama selesai kegiatan seminar tentang investasi syariah (SUKUK Syariah) dalam kegiatan KKN mahasiswa Prodi EKS, STAIMI Jakarta dengan peserta siswa-siswii SMA Darul Huffadz (kelas X, XI, dan XII)

Kegiatan sosialisasi yang kedua juga dilakukan di hadapan siswa-siswi SMA boarding Darul Huffadz kelas X – XII melalui edukasi tentang digital marketing dan branding produk dengan tujuan memberikan pemahaman dasar kepada siswa/i SMA tentang pemasaran digital, strategi online, dan pentingnya branding dalam memasarkan produk atau jasa. Dalam kegiatan ini telah dikenalkan tentang strategi dalam memasarkan produk, menjelaskan cara membuka toko online, dan memperkenalkan brand-brand ternama. Kegiatan edukasi tentang digital marketing dan branding produk dilakukan pada hari Selasa, tanggal 23 Januari 2023.

Foto bersama selesai kegiatan seminar tentang digital marketing dan branding produk dalam kegiatan KKN mahasiswa Prodi EKS, STAIMI Jakarta dengan peserta siswa-siswi SMA Darul Huffadz (kelas X, XI, dan XII)

Kegiatan sosialisasi yang ketiga dilakukan di hadapan siswa/siswi SMP boarding Darul Huffadz melalui edukasi tentang perencanaan keuangan dengan tujuan memberikan pemahaman dasar kepada siswa-siswi SMP boarding Darul Huffadz kelas VII – IX mengenai pentingnya merencanakan keuangan pribadi serta membekali pengetahuan tentang perencanaan anggaran, tabungan, dan tanggung jawab keuangan pribadi. Dalam kegiatan ini telah dikenalkan tentang langkah-langkah perencanaan keuangan, menentukan tujuan keuangan dan manfaat perencanaan keuangan. Kegiatan edukasi tentang perencanaan keuangan dilakukan pada hari Senin, tanggal 29 Januari 2023.

Foto bersama selesai kegiatan edukasi perencanaan keuangan dalam KKN mahasiswa Prodi EKS, STAIMI Jakarta dengan peserta siswa-siswi SMP Darul Huffadz (kelas VII, VIII, dan IX)

 

Ketika dimintakan komentar, asisten guru SMP/SMA Darul Huffadz (Ustadzah Vina dan Ustadz Ali) yang mendampingi kegiatan KKN mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan bisa diterima dengan baik oleh siswa-siswii SMP/ SMA dan partisipan mengikuti rangkaian acara dengan antusias.

 

Kegiatan KKN ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals no. 1 (SDG1) – Tanpa kemiskinan (No Poverty) dan SDG4. Pendidikan berkualitas (Quality Education) melalui pengenalan terhadap investasi syariah, digital marketing dan branding produk, dan perencanaan keuangan kepada siswa-siswi SMP/SMA Darul Huffadz.

admin
Author: admin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *