Sebagai Hasil KKN – Mahasiswa STAIMI Jakarta Bantu Selesaikan 240 NIB Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Bogor

Dalam acara penutupan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (Prodi EKS) menyerahkan 240 Nomor Induk Berusaha (NIB) ke 240 pelaku UMKM di kabupaten Bogor. Acara penyerahan NIB kepada pelaku usaha UMKM dilakukan di kantor desa Gunungsari, kecamatan Citereup, kabupaten Bogor oleh Kepala BKPM Kabupaten Bogor. Selain penyerahan NIB, dalam acara penutupan kegiatan KKN juga dilakukan sosialisasi kepada 300 pelaku UMKM tentang pentingnya kepemilikan NIB yang sekaligus merupakan kewajiban bagi pengusaha untuk menjalankan usaha di Indonesia. Selain sosialisasi, pelaku UMKM juga dibantu dalam pengisian formulir pendaftaran untuk mendapatkan Legalitas dan Penerbitan NIB secara online.

 

Kepala BKPM Kabupaten Bogor (Bapak Ruslan) berkenan hadir memberikan sambutan dan menyerahkan 240 NIB bagi pelaku UMKM dalam acara penutupan KKN mahasiswa STAIMI Jakarta di desa Gunungsari, Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor

Empat mahasiswa angkatan 4 dari Prodi EKS, STAIMI Jakarta yang terlibat dalam kegiatan KKN di desa Gunungsari, kecamatan Citereup, kabupaten Bogor, terdiri atas Brian Fajar Ismail, Muhammad Alfarisi Zalty, Niza Harianti dan Sri Martini. Empat mahasiswa STAIMI Jakarta tersebut memfokuskan kegiatan KKN pada aspek pendidikan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berbasis syariah dengan tema Membawa Transformasi Digital pada UMKM Berbasis Syariah di Desa Gunungsari.

 

Pemilihan tema KKN tersebut didasari pemahaman bahwa di tengah perubahan menuju era digital, UMKM perlu terus berkembang agar tetap relevan dan berdaya saing. Oleh karena itu, pelaksana KKN mendorong pelaku UMKM untuk memahami pentingnya pengetahuan tentang pemasaran, etika bisnis, serta aturan usaha (i.e. perlunya memiliki NIB).

 

Pelaksanaan KKN di desa gunungsari telah dilakukan sejak tanggal 07 Januari hingga 22 Januari 2024. KKN kelompok mahasiswa STAIMI Jakarta di desa Gunungsari, kecamatan Citereup, kabupaten Bogor, tersebut dibimbing langsung oleh Eddy Supriady, S.Kom. M.M. dan Dr. Sarji, S.H., S.Pd., M.Pd. Selain dihadiri pelaku UMKM, perwakilan tokoh pemerintahan dan tokoh masyarakat setempat, acara penutupan KKN dan penyerahan NIB juga dihadiri oleh Aselina E. Trihastuti, S.I.Kom., M.M sebagai kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), STAIMI Jakarta.

Foto bersama empat mahasiswa pelaksana KKN di desa Gunungsari, kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor dengan Pembimbing KKN dan Kepala LPPM Staimi JAkarta setelah acara penutupan KKN dan penyerahan NIB bagi 240 pelaku UMKM

Kegiatan KKN ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals no. 1 (SDG1) – Tanpa kemiskinan (No Poverty), SDG8. Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (Decent Work and Economic Growth) dan SDG4. Pendidikan berkualitas (Quality Education) melalui kegiatan yang mendorong transformasi digital pada UMKM berbasis syariah di desa Gunungsari, kecamatan Citereup, kabupaten Bogor.

admin
Author: admin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *