STAIMI Jakarta Launching Kegiatan KKN Tematik Tahun Akademik 2023/2024

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu syarat kelulusan yang harus dipenuhi oleh seluruh mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam Minhaajurroosyidiin (STAIMI) Jakarta. Tujuan pelaksanaan KKN adalah memberi kesempatan bagi mahasiswa STAIMI Jakarta untuk terjun ke masyarakat, mencoba mengidentifikasi permasalahan yang ada di lokasi KKN, dan mencoba menerapkan ilmu yang sudah diperoleh selama kuliah untuk membantu memberdayakan dan memecahkan masalah riil di lapangan.

Biasanya kegiatan KKN dilaksanakan di akhir Semester VII. Untuk tahun akademik 2023/2024, kegiatan KKN dilaksanakan oleh mahasiswa STAIMI Jakarta Angkatan ke-4 dan dimulai sejak bulan Desember 2023 hingga awal Februari 2024.

Menurut Ketua STAIMI Jakarta – Dr. H. Tri Gunawan, S.Sos., S.Pd.I., M.Si., M.H., pelaksanaan kegiatan KKN Mahasiswa STAIMI Jakarta  angkatan ke-4 diawali dengan acara Kick off Kegiatan KKN yang dilakukan tanggal 27 Desember 2023. Selanjutnya, pembekalan bagi mahasiswa peserta KKN dilakukan melalui pelaksanaan Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal. selama dua hari, dari tanggal 27 – 28 Desember 2023, dengan mendatangkan narasumber dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), MUI, LP3H Masjid Istiqlal, Jakarta.

Selain Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal selama dua hari, peserta KKN tahun akademik 2023/2024 juga mendapatkan pembekalan materi keilmuan yang terdiri atas:

1) Pengetahuan Bahan dan Proses Produk Halal

2) Pengetahuan Bahan dan Proses Produk Halal

3) Ketentuan tentang Syariat Islam Terkait Jaminan Produk Halal

4) Proses pembuatan NIB berbasis Risiko

Kegiatan melalui sosialisasi dalam upaya meningkatkan literasi Keuangan Syariah dan peningkatan pemahaman Etika Bisnis Islam dalam praktek jual beli serta penjelasan tentang Marketing Digital khusus Branding dalam upaya peningkatan penjualan. Target utama kegiatan KKN adalah Siswa SMA, Pelaku Usaha dan Muda Mudi serta masyarakat umum.

Untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan sosialiasi, mahasiswa dibekali sejumlah buku digital yang dapat digunakan sebagai referensi dalam upaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan pelaku usaha mikro tentang keuangan syariah. Buku-buku yang diterbitkan oleh OJK tersebut antara lain: Perbankan Syariah; Pasar Modal dan Instrumen Keuangan; dan Manajemen Perencanaan Keuangan.

Informasi yang disampaikan Ketua Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam (HKI) – Hj. Ririh Krishnani, SH, terdapat 10 orang mahasiswa Prodi HKI yang ikut dalam kegiatan KKN tahun akademik 2023/2024. Lebih lanjut disampaikan bahwa seluruh mahasiswa HKI melakukan KKN bersama di satu lokasi, yaitu di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Sedangkan informasi yang disampaikan Ketua Prodi Ekonomi Syariah (EKS) – H. Isman Pepadri, S.E., M.M., terdapat 45 orang mahasiswa Prodi EKS yang mengikuti kegiatan KKN tahun akademik 2023/2024. Lebih lanjut disampaikan bahwa mahasiswa EKS melakukan berbagai bentuk KKN (KKN Tematik, KKN Mandiri Bersama, atau KKN Mandiri Individual). Lokasi kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa Prodi EKS tersebar di berbagai daerah di sekitar DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur

Seluruh kegiatan KKN diharapkan dapat diselesaikan awal bulan Februari tahun 2024. Selanjutnya, selesai pelaksanaan kegiatan KKN, mahasiswa STAIMI Jakarta angkatan IV akan melaksanakan penyusunan skripsi untuk penyelesaian studinya masing-masing.

 

 

 

Peserta mahasiswa dalam kegiatan launching dan pembekalan KKN Tematik Tahun Akademik 2023/2024 STAIMI Jakarta tanggal 27 desember 2023.
Foto bersama instruktur dan mahasiswa STAIMI Jakarta peserta Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal dengan narasumber dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), MUI, dan LP3H Masjid Istiqlal, Jakarta
Peserta mahasiswa dalam kegiatan launching dan pembekalan KKN Tematik Tahun Akademik 2023/2024 STAIMI Jakarta tanggal 27 desember 2023.
admin
Author: admin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *